Kamis, 15 Oktober 2015

Pengantar Internet Dan New Media

TUTORIAL MEMBUAT OBJEK 3D 
DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER



DEFENISI BLENDER


   Blender adalah program visualisasi 3D yang mempunyai fitur cukup lengkap dan salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khususnya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki blender dibandingkan software sejenis.

  Open source blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan blender.

    Program ini sangat cocok untuk pembuat film, game, arsitektur, ilustrator, dan masih banyak lagi karena blender mempunyai fitur yang sangat lengkap. mulai dari modeling, rendering, 

sebenarnya, dalam produksi dibutuhkan beberapa package: modeling, tekstur, animasi dan kompusiting. dan, blender mempunyai fitur yang dibutuhkan.



  1. Modeling adalah proses pembuatan objek 3D dengan teknik tertentu.
  2. Rigging adalah metode pemberian/pemasangan kerangka pada objek untuk selanjutnya di animasikan.
  3. Texturing adalah proses pemberian gambar tertentu pada permukaan objek agar terkesan lebih realistis.
  4. Simulasi Dengan menggunakan fitur simulasi ini, anda akan bisa membuat objek berinteraksi dengan objek lainnya seperi dunia nyata. tabrakan, berat, elastisitas dan kekuatan bisa anda atur sedemikian rupa. selain itu, andapun bisa membuat animasi air, api maupun asap dengan simulasi ini.
  5. Rendering adalah proses review pada scene. hasil dari pemberian tekstur, cahaya dan lainnya pada scene akan terlihat ketika dirender.
  6. Compositing adalah proses penggabungan. inilah kelebihan blender dari program 3D lainnya, yaitu mempunyai fitur composting.
  7. Game Creator ,anda bisa membuat game dengan fitur ini.


Pengenalan Aplikasi Blender

Inilah langkah-langkah membuat meja dan kursi dengan menggunakan software Blender.
  •      Pertama buka program blender, lalu akan muncul tampilan awal seperti ini.



  • Selanjutnya kita ubah ke tampilan Mesh Tools dengan cara menekan tombol Tab. Lalu kita lakukan Scale dengan cara menekan tombol S+X (terhadap sumbu X), S+Y (terhadap sumbu Y), dan S+Z (terhadap sumbu Z), 
  • Selanjutnya tekan tombol Ctrl+R untuk membuat balok tersebut menjadi beberapa bagian
  • Selanjutnya adalah kita akan membuat kaki kaki meja tersebut. Pertama kita ubah fungsi toolsnya menjadi face.
  • Selanjutnya kita akan membuat kaki-kaki meja, pertama kita seleksi bagian yang akan digunakan untuk membuat kaki meja tersebut.
  • Selanjutmnya tarik bagian yang sudah diseliksei tadi dengan cara menekan tombol E sambil menggerakkan mouse.
  • Selanjutnya ubah ke tampilan smooth.
  • Selanjutnya kita akan memberikan warna pada meja tersebut.dengan cara pilih Tools Material pada bagian kanan. Selanjutnya klik Diffuse lalu pilih warna yang diinginkan.

  • Pembuatan kursi sama dengan meja ,atur sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Tekan f12 untuk menampilkan hasil objek yang kita buat 

          OUTPUT :





Referensi :
http://zamiintelligent.heck.in/pengertian-aplikasi-blender-3d.xhtml
http://www.cgrafis.com/2012/09/apa-itu-blender.html
https://surahma.wordpress.com/2012/11/10/pengenalan-teknologi-blenderserta-contoh-pembuatan-objek-tangga-playground-sederhana-menggunakan-blender-2-61/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar