Minggu, 12 Juni 2016

Artikel Suka Duka Dalam Pembuatan Penulisan Ilmiah



Pada artikel ini saya membahas tentang suka duka pembuatan penulisan ilmiah. Judul PI yaitu membangun dan implementasi network attached storage dengan protokol CIFS menggunakan OS Nas4free 9.1 di SMK N 2 Padang Panjang. Proses pembuatan  PI ini tidaklah mudah tahap pertama dilakukan adalah penentuan judul dari proses ini judul awal saya ditolak 3 kali oleh pembimbing sebelum sampai pada proses penerimaan judul ini.
Tahap kedua saya harus mintak izin kepada sekolah yang ingin saya implementasikan untuk membangun sistem yang saya buat. Suka dukanya saya harus rela menghabiskan waktu untuk menunggu kepsek untuk menyetujui pembuatan sistem saya. Dalam pembuatan bab per bab terdapat banyak komentar dari pembimbing bertujuan untuk perbaikan PI saya agar lebih baik dan untuk mempermudah saya dalam sidang nantinya. Dalam proses ini semua pihak banyak membantu saya  dan mensupport saya sebagai penyemangat untuk menyelesaikan PI dengan cepat. Proses pembuatan ini menghabiskan waktu 6 bulan terhitung dari penentuan judul.
Tahap ketiga saya membuat bab 2 , isinya yaitu landasan teori. Saya menghabiskan waktu diperpustakaan dan meminjam buku untuk melengkapi landasan teori. Tahap Ke-empat membuat Bab 3 Tentang analisa dan perancangan sistem. Isi dari bab ini saya harus mengumpulkan data jaringan yang ada,denah lokasi,topologi sistem yang ingin dibuat,kebutuhan implemtasi dari perangkat komputeryang telah ada setelah lengkap baru saya bisa membuat sistem dengan aman. Prosesnya cukup lama juga banyak masalah yang dihadapi dalam pembuatan sistem ini.
Tahap selanjutnya setelah sistem berhasil saya harus memberikan analisa,kesimpulan dan saran dalam pembuatan sistem ini. Setelah selesai saya harus meminta surat bukti implementasi telah selesai dari pihak sekolah.
Tahap selanjutnya bimbingan dengan dosen pembimbing, dalam proses ini banyak waktu,kesabaran yang harus saya korbankan. Mulai menunggu dosen tiap hari, menghadapi omelan dosen,nasehat dosen semuanya lengkap. Setelah  PI saya selesai tahap selanjutnya adalah sidang. Pada awal sidang saya merasa gugup,takut semuanya menjadi satu. Tapi setelah prosesnya selesai dan mendapatkan hasil yang memuaskan saya rasa takut tadi berubah menjadi rasa senang dan bersyukur kepada allah SWT, saya menangis mengucapkan salam kepada penguji saya. Dalam proses ini banyak waktu,tenaga,pikiran,uang,mental yang harus saya korbankan dan banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan mulai dari komunikasi dengan dosen ,teman2 dan senior dan mana teman yang benar-benar teman disaat saya butuh dan orang tua adalah penyemangat saya. Ini merupakan pengalaman berharga bagi saya.
Alhamdulillah semua perjuangan saya mendapatkan hasil yang baik. Saya selalu ingat kata-kata ini tidak ada usaha yang sia2 kalau kita sunguh-sunguh dan gigih dalam proses pencapaian. Berjuang itu harus butuh usaha. “Jika salah perbaiki, jika gagal coba lagi tapi jika kamu menyerah, semuanya selesai”. Kata-kata ini untuk memotivasi saya menyelesaikan PI ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar