Selasa, 17 November 2015

REVIEW TWITTER




       Twitter ialah Jejaring Sosial yang membatasi penggunanya untuk mengirim sebuah tweet dengan batas 140 Kata, Tidak lebih. Twitter dengan Facebook mempunyai kesamaan dan perbedaan. Kesamaannya ialah Twitter dan Facebook sama-sama layanan Jejaring Sosial yang berguna untuk saling menghubungkan antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Perbedaannya ialah Kalau Facebook Membatasi penggunanya mengirim status facebook hingga 400 kata lebih, tetapi jika twitter hanya  membolehkan 140 kata.
       Twitter didirikan dan diresmikan pada tahun 2006 tepatnya pada bulan maret. Didirikan oleh Jack Dorsey. Jejaring Sosial Twitter sudah sangat dikenal oleh setiap orang di dunia. Bahkan di Tahun 2014 ini Twitter menjadi salah satu dari 5 besar situs yang paling sering dikunjungi oleh banyak orang. Popularitas Twitter sangat meningkat pada tahun 2012, di Tahun 2012 sudah ada 150 juta pengguna aktif di twitter. sejak dicatat. sudah ada Lebih dari 600 juta pengguna twitter di tahun 2014 ini. dikutip dari Wikipedia Pada awal 2013 telah ada 350 juta kicauan atau tweet perharinya. Twitter pada saat ini menjadi Jaringan Sosial yang paling banyak digunakan oleh setiap orang. Bisa dibilang Twitter menjadi saingan dari Facebook. Dulu Facebook lah yang sangat terkenal dimata orang, namun semenjak kemunculan twitter secara perlahan-lahan Twitter lah yang lebih digemari oleh banyak orang.
        Pendiri Twitter yaitu Jack Dorsey ialah seorang mahasiswa yang bersekolah di Universitas New York. Dahulu Twitter belum dibuka untuk Umum, melainkan hanya untuk khusus layanan para karyawan Ordeo. Twitter baru dibuka untuk umum pada juli 2006. sudah ada lebih dari 400rb Kicauan setiap harinya pada 2007, Pada tahun 2010 sudah ada lebih dari 75.000 Aplikasi Di twitter.
Twitter sudah banyak mengubah tampilan jejaring sosialnya mulai dari yang simpel, hingga tampilan yang bagus di tahun 2014 ini. Twitter bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang ternama seperti Google, Bing, Yandex dan Perusahaan lainnya. Twitter memunculkan banyak fitur baru ketika sudah terkenal di mata penggunanya.

Fitur-fitur yang terdapat di Twitter ialah sebagai berikut :
  • Tweet, Fitur Tweet ini ialah fitur utama di Twitter. Tweet ialah kicauan, yaitu untuk mengirim dan melihat kicauan setiap pengguna twitter.
  • Following, Fitur Following ialah fitur untuk mengikuti teman atau kerabat di Twitter, Fitur ini merupakan salah satu Fitur utama di twitter.
  • Followers, Fitur yang satu ini adalah fitur untuk melihat siapa yang mengikuti anda di twitter.
  • Bio, Fitur Bio adalah fitur yang digunakan untuk mengetahui Pesan Akun Twitter anda yang terdapat di Profile.
  • Profile, Ini juga merupakan fitur utama dari Twitter. ini adalah fitur untuk melihat Avatar Twitter, Bio twitter dan lainnya.
  • Masih banyak fitur-fitur twitter lainnya yang sangat membantu penggunanya.
        Twitter sangat memudahkan penggunanya untuk saling menjalin pertemanan dengan pengguna lainnya, Di Twitter juga ada Fitur Top Trending yaitu fitur yang memudahkan penggunanya untuk melihat kicauan apa yang paling populer dan paling sering dikicaukan oleh pengguna twitter. Twitter pun mempunyai konten Verified Account yaitu konten untuk mendapatkan Lencana Akun Verifikasi Di twitter, tidak sembarangan orang yang dapat mempunyai Lencana Akun Terverifikasi dari Twitter untuk akunnya. Hanya kalangan selebritis, politikus dan orang-orang yang berpengaruh pada suatu negara serta orang-orang tertentu. Dahulu sejak pertama munculnya Twitter. Twitter membuka layanan Verified Account untuk orang biasa, namun sekarang sudah tidak lagi.
        Logo di Twitter juga dari tahun-ketahun sudah berganti 3 kali. Mulai dari di Tahun 2006, 2010 dan 2012. Logo dari Twitter sendiri Bernama Larry Bird. Twitter sangat amat bergantung dengan Perangkat lunak yang bersumber terbuka, Halaman Utama Situs Twitter merupakan karangan dari Ruby On Rail. Twitter sudah tersedia dalam banyak bahasa, sehingga lebih memudahkan pengguna-pengguna twitter. Twitter juga mempunyai keamanan dan privasi, jadi Privasi dari pengguna twitter sangat dirahasiakan, Twitter juga menyediakan Fitur penguncian akun. Jadi setiap akun yang dikunci oleh penggunanya, maka akun tersebut tidak dapat dilihat oleh siapapun karena terlindungi.

Jaringan Sosial Twitter ini juga mempunyai Banyak keuntungan, Yaitu keuntungannya sebagai berikut :
  1. Mempermudah Mencari kerabat-kerabat jauh.
  2. Mempermudah mencari suatu berita atau suatu informasi.
  3. Dapat mempermudah saling bertukar pikiran antar pengguna twitter.
  4. Dapat menjadi tempat bisnis anda, untuk mencari pelanggan yang akan membeli produk/jasa anda.
  5. Mendapatkan Backlink Dofollow untuk blog / situs kita lewat twitter.
  6. Dan masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya. 
Mengenal Twitter dan daftar Istilah Yang Digunakan

Twitter memiliki bahasa sendiri, berikut ini adalah beberapa istilah dalam Twitter yang perlu anda ketahui dan fahami.
  • DM/Direct Message: Adalah pesan pribadi antara kedua pengguna/pemilik akun Twitter. Penerima pesan haruslah mengikuti (follow) pengirim pesan. Pesan yang dikirimkan terbatas oleh 140 karakter pesan.
  • Follow: maksudnya mengikuti pengguna Twitter lainnya. Pengguna akun Twitter yang mengikuti akan melihat semua tweet terbari dari pengguna akun Twitter yang diikutinya pada Timelinenya.
  • Following: Maksudnya memilih untuk melihat Tweet orang lain pada timeline kita. Pilih dan ikutilah orang-orang atau perusahaan yang benar-benar kita perlukan.
  • Handle: Maksudnya, akun Twitter anda disebut dalam pegangan, dan biasanya di identifikasi dengan simbol @. Sebagai contoh, ID akun Twitter untuk website Komunitas pakar online Indonesia ini adalah @PakarOnlineID. Simbol @ digunakan untuk menunjuk ke pengguna akun spesipik, dalam contoh disini adalah Twitternya Pakar Online.
  • Lists: Adalah cara untuk menggabungkan beberapa tweet dari orang-orang atau perusahaan yang anda ikuti di satu tempat. List bisa berisikan tweet dari teman dekat, kompetitor, orang-orang dari komunitas tertentu ataupun yang lainnya. List adalah cara yang bagus untuk fokus ke berita atau tweet tertentu.
  • RT/Retweet: sama dengan kita melanjutkan (forward) tweet yang kita terima di timeline kita ke teman-teman kita di Twitter. Ketika anda atau orang lain menemukan sesuatu yang menarik anda dapat men-retweet untuk kemudian tampin di timeline orang-orang yang mengikuti anda.
  • Search: adalah kolom untuk mencari sesuatu yang anda butuhkan di dunia Twitter, karena kebanyakan tweet adalah bersipat untuk umum atau untuk pablik, maka anda dapat mencari tweet apapun melalui search ini.
  • Timeline: Adalah daftar kronologi dari tweet anda, orang yang anda ikuti atau list.
  • Trending Topics: Adalah tweet yang sedang tren yang ada di Twitter berbasis web.
  • Tweet: Adalah artikel atau tulisan atau postingan yang mana di dalam dunia Twitter disebut.
  • Tweetup: Adalah bahasa yang digunakan oleh pengguna Twitter jika mereka ingin bertemu didunia nyata, yang biasanya si pemimpin Tweetup membuat hashtag tertentu
  • Unfollow: Maksudnya, dengan meng-unfollow, anda tidak akan menerima tweet terbaru lagi di timeline anda dari pengguna Twitter yang sebelumnya ada ikuti.
  • Hashtag: Akan dibahas pada halaman pengertian Hashtag simbol # di Twitter.
40 Singkatan Dan Istilah Dalam Twitter 

Twitter sudah merangsek masuk ke dalam pergaulan sehari-hari. Khususnya bagi kaum muda, Twitter menjadi salah satu hal yang wajib dikuasai agar mereka tetap up-to-date dengan segala isu dan berita terhangat baik tentang komunitas mereka maupun tentang dunia secara global. Di media sosial 140 karakter ini, sayangnya, tidak semua hal bisa dijabarkan secara gamblang.
Banyak orang menemukan kesulitan dalam “bermain” Twitter karena (1) mereka sulit menyingkat-nyingkat kalimat yang ingin mereka tweet dalam 140 karakter; (2) mereka tidak mengerti istilah dalam Twitter. Duh. Baiklah. Berikut ini 40 singkatan dan istilah populer yang harus Anda ketahui agar Anda tidak lagi kesulitan bermain Twitter. (Catatan: beberapa di antara singkatan ini adalah kata-kata umum dalam bahasa Inggris, sehingga bisa jadi kata-kata tersebut jarang ditemui dalam bahasa Indonesia)
b4: before (sebelum)
b/c, bc: because (karena)
brb: be right back ([tunggu sebentar] segera kembali)
btw: by the way (omong-omong)
DM: direct message (perpesanan dalam Twitter)
EM atau EML: email
fab: fabulous (menakjubkan)
FB: Facebook
FF: Follow Friday (semacam dukungan untuk memfollow akun-akun tertentu di Twitter, biasanya dilakukan pada hari Jumat dikaitkan dengan hashtag ‘#’)
followers: pengikut
F2F, B2B, B2C: face to face (bicara empat mata), business to business (bisnis ke bisnis), business to client (dari bisnis kepada klien)
fyi: For Your Info (untuk Anda ketahui)
gr8: Great! (Hebat!)
gtg, g2g: got to go ([saya] harus pergi)
hashtag #: kode untuk menandai suatu tweet berkaitan dengan suatu topik tertentu, misalnya #PrayForJapan berarti tweet tersebut berkaitan dengan topik tentang musibah di Jepang, dll.
HT: Hat Tip, Heard Through (maknanya sama dengan RT, sekarang sudah tidak digunakan)
hth: happy to help (senang membantu [Anda])
ic: I see (saya mengerti)
idc: I don’t care (saya tidak peduli)
idk: I don’t know (saya tidak tahu)
IM: instant message (chat/perpesanan instan seperti melalui Yahoo! Messenger, dll)
jk: just kidding (bercanda)
L8: late ([saya] terlambat)
LI: LinkedIn
LMAO: Laughing My A** Off (tertawa)
LMK: let me know (beritahu saya)
LOL: Laughing out Loud (tertawa kencang)
MT: modified tweet (biasanya digunakan ketika copy-paste dari tweet orang lain)
NSFW: Not Safe For Work (istilah untuk menandai konten dewasa, kekerasan, dan lain-lain)
OH: Overheard (nguping, mencuri dengar)
OMG: Oh My God (Ya Tuhan)
omw, otw: on my way, on the way ([saya] sedang di perjalanan)
orly: Oh Really? (benarkah?)
ROFL: Rolling On The Floor Laughing (tertawa guling-guling)
@reply: membalas tweet orang lain (mention)
RT: Retweet (menampilkan tweet orang lain ke follower kita sebagai bentuk rasa setuju, sanggahan, atau mengomentari)
SMH: shaking my head (angguk-angguk)
Thx, Tx: Thanks (terima kasih)
TMI: Too Much Information (kebanyakan info)
TTYL: Talk to you later (nanti kita bicara lagi)
TTYS: Talk to you soon (kita segera bicara lagi)
TY: Thank You (terima kasih)
YT: Youtube




Referensi :
http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/02/mengenal-kode-dan-istilah-twitter.html
https://rahman371.wordpress.com/2014/08/28/pengertian-twitter/
http://kautsar14.blogspot.co.id/2015/02/mengenal-kode-dan-istilah-twitter-rt.html
http://www.fanspage-id.com/2012/11/40-singkatan-dan-istilah-dalam-twitter.html
http://www.anneahira.com/twitter-adalah.htm
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar